SEJARAH SINGKAT DINAS SOSIAL KAB. LANGKAT

Sebagai salah satu Institusi yang diberikan mandat di bidang Sosial, sesuai dengan peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Langkat. Dinas Sosial Kabupaten Langkat mempunya tugas melaksanakan sebagian urusan rumah tangga Daerah dalam bidang kesejahteraan dan tugas – tugas lain yang diserahkan oleh Kepala Daerah.

 

Adapun tugas pokok dan fungsi Dinas Sosial Kabupaten Langkat selain mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam bidang pembangunan kesejahteraan Sosial  sesuai dengan Peraturan Bupati Langkat Nomor 48 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Sosial Kabupaten Langkat,  memiliki tugas antara lain  :

 

  1. Pelaksanaan perumusan dan kebijakan teknis dalam rangka perencanaan, pembinaan dan pembangunan bidang kesejahteraan sosial yang ditetapkan Bupati.
  2. Pelaksanaan kebijaksanaan operasional bimbingan dan penyuluhan, pembinaan serta pemberian perizinan undian promosi barang sesuai kebijakan Bupati berdasarkan Undang – Undang yang berlaku.
  3. Pelaksanaan kebijakan operasional pemberian bantuan penanggulangan bahaya Narkoba, HIV dan AIDS.
  4. Pelaksanaan kebijakan pembinaan, operasional pemberian bantuan kepada para tuna karya, penyandang cacat dan penyakit sosial lainnya.
  5. Pengkoordinasian dengan Instansi terkait tentang kegiatan pembinaan terhadap Komunitas Adat Terpencil (KAT).
  6. Pemberian rekomendasi tentang pengangkatan anak (Adopsi).
  7. Pembentukan dan pemberdayaan Satuan Taruna Siaga Bencana (TAGANA).
  8. Pemberdayaan, pembinaan kegiatan Karang Taruna dan lembaga – lembaga Sosial lainnya.
  9. Pelaksanaan koordinasi dan Panti Sosial / Panti Asuh.
  10. Pembinaan kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).
  11. Pengentasan dan pengendalian atas pelaksanaan tugas bidang sosial yang ditetapkan Bupati berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
  12. Penyusunan Renstra, Renja dan Lakip Dinas Sosial.

 

 

 

/ Mengacu  ………..

 

 

-2-

 

Mengacu kepada Peraturan Bupati Langkat Nomor 48 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Sosial Kabupaten Langkat, maka telah ditetapkan antara  lain :

  1. Dinas Sosial terdiri dari :
  2. Kepala Dinas
  3. Sekretariat
  4. Bidang Rehabilitasi dan pemberdayaan Sosial
  5. Bidang perlindungan jaminan dan organisasi sosial
  6. Bidang Rujukan dan penanganan kemiskinan
  7. Sekretariat, membawahi :
  8. Sub bagian umum, kepegawaian dan informasi data
  9. Sub bagian perencanaan dan keuangan
  10. Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, membawahi  :
  11. Seksi rehabilitasi sosial
  12. Seksi pencegahan dan pemberdayaan sosial
  13. Bidang perlindungan, jaminan dan organisasi sosial, membawahi :
  14. Seksi penanganan korban bencana dan konflik sosial
  15. Seksi kelembagaan dan organisasi sosial
  16. Bidang pelayanan dan penanganan kemiskinan, membawahi :
  17. Seksi rujukan dan pelayanan data kemiskinan
  18. Seksi penanganan kemiskinan

Keberadaan Sumber Daya Manusia untuk mendukung pelaksanaan  Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Sosial Kabupaten Langkat dalam menentukan keberhasilan kinerja.  Dalam hal  ketersediaan Sumber Daya Manusia Dinas Sosial Kabupaten Langkat memiliki jumlah orang / personil yang terdiri dari :

  1. Pejabat Eselon II :  1  Orang
  2. Pejabat Eselon III :  4
  3. Pejabat Eselon IV :  8
  4. Staf :  4  Orang
  5. Karyawan Lepas : 16  Orang

 

Berdasarkan Strata Pendidikan, Komposisi SDM yang tersedia pada Dinas Sosial Kabupaten Langkat terdiri dari :

  1. S-2 : 1 Orang
  2. S-1 : 9 Orang
  3. D-3 : –
  4. SMA : 8 Orang
  5. SMP : –  Orang
  6. SD   : –  Orang
Bagikan